PELATIHAN EXPRESSIVE WRITING THERAPY DALAM MENGELOLA KECEMASAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN PUTRI 1

Penulis

  • Rijal Alfani Atoillah Universitas Darul ‘Ulum Jombang
  • windy widyaningrum Universitas Darul ‘Ulum Jombang
  • Nova auliyatul faizah Universitas Darul ‘Ulum Jombang
  • Anik yunairoh Universitas Darul ‘Ulum Jombang
  • wardatul mufidah Universitas Darul ‘Ulum Jombang

Kata Kunci:

Exspresive Writing, Kelas menulis, Mengelola emosi

Abstrak

Pelatihan expressive writing merupakan aspek penting dalam pengembangan kemampuan bahasa dan kreativitas bagi santriwati di Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Putri 1 di Jogoroto. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memberikan psikoedukasi efektivitas pelatihan expressive writing dalam meningkatkan kemampuan menulis dan ekspresi diri santriwati pondok pesantren hamalatul Qur’an Putri 1 di Jogoroto. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam pelatihan kelas menulis ini yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan expressive writing efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis dan membuat santriwati lebih mencintai diri sendiri, lebih bahagia, dan meningkatkan motivasi belajar. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam penggunaan bahasa, struktur tulisan, serta keberanian untuk menyampaikan ide dan perasaan secara lebih terbuka melalui tulisan mereka.Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum dan program pembelajaran di Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Putri 1, serta memberikan panduan bagi institusi pesantren lainnya dalam memperkaya pengalaman belajar santriwati melalui pelatihan expressive writing.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30