ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKIBAT AKTIVITAS PERDAGANGAN (STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR, KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG)

Penulis

  • Deya Annisa Putri Universitas Lampung
  • Siti Anugrah Mulya Putri Ofrial Universitas Lampung
  • Rahayu Sulistyorini Universitas Lampung

Kata Kunci:

Hambatan Samping, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Software Vissim

Abstrak

Jalan Teuku Umar merupakan salah satu bagian wilayah kota yang tingkat pertumbuhannya cukup pesat, wilayah tersebut dikenal sebagai daerah yang cukup banyak dalam kegiatan perdagangan. Kepadatan lalu lintas di Jalan Teuku Umar muncul dikarenakan adanya pertokoan dan pedagang kaki lima yang menyediakan lahan parkir kurang memadai, angkutan umum yang menaikkan atau menurunkan penumpang di sembarang tempat, pejalan kaki yang berjalan dan menyeberang. Sehingga berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas dan kinerja di ruas jalan ini. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja lalu lintas pada  ruas Jalan Teuku Umar Kedaton yang dipengaruhi oleh hambatan samping dan membandingkan hasil simulasi kecepatan kendaraan dengan menghilangkan hambatan samping menggunakan software Vissim. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis observasi langsung pada titik yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa ruas Jalan Teuku Umar Kedaton pada hari Senin pukul 17.30 s/d 18.30 WIB pada arah Makam Pahlawan dengan adanya hambatan samping nilai derajat kejenuhan sebesar 0,93 dengan tingkat pelayanan (E) dan disimulasikan dengan software Vissim tanpa ada hambatan samping nilai derajat kejenuhan berubah menjadi 0,37 dengan tingkat pelayanan (A). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh Kesimpulan yaitu Hasil analisis kinerja ruas jalan menggunakan PKJI 2023 pada hari Senin pukul 06.30 s/d 07.30 WIB diperoleh nilai kapasitas jalan adalah sebesar 1485,8 Smp/jam, dengan nilai derajat kejenuhan pada arah Makam Pahlawan sebesar 0,93 yang berarti arus tidak stabil, kecepatan rendah yang berbeda-beda dan volume kendaraan mendekati kapasitas jalan. Nilai kecepatan rata-rata pada arah Makam Pahlawan 35 Km/jam. Pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan sedang dengan besar hambatan samping pada arah Makam Pahlawan sebesar 363,9 total Kejadian/jam, sehingga tingkat pelayanan jalan didapat E dengan kondisi arus tidak stabil, kecepatan kendaraan rendah yang berbeda-beda dan volume kendaraan mendekati kapasitas jalan. Hasil dari simulasi menggunakan vissim dilakukan perbandingan tanpa ada hambatan samping. Nilai kecepatan rata-rata pada hari Senin arah Makam Pahlawan sebesar 50,28 Km/jam. Dapat dilihat bahwa jenis hambatan samping aktivitas kendaraan keluar/masuk dan kendaraan yang parkir/berhenti di badan jalan memberikan kontribusi yang besar terhadap penurunan kapasitas jalan.

Teuku Umar Street is one part of the city area that has a fairly rapid growth rate, this area is known as an area with quite a lot of trading activities. The traffic density on Jalan Teuku Umar arises due to the presence of shops and street vendors who provide inadequate parking spaces, public transportation that picks up or drop off passengers at random places, pedestrians walking and crossing. So it affects the smooth flow of traffic and performance on this road section. The aim of this research was to analyze traffic performance on the Jalan Teuku Umar Kedaton section which is influenced by side obstacles and compare the results of vehicle speed simulations by eliminating side obstacles using Vissim software. In this research the author used direct observation analysis techniques at predetermined points. Based on the results of data processing, the Jalan Teuku Umar Kedaton section on Monday from 17.30 to 18.30 WIB in the direction of the Heroes' Cemetery with side obstacles has a saturation degree value of 0.93 with a level of service (E) and simulated with Vissim software without any side obstacles. the value of the degree of saturation changes to 0.37 with the level of service (A). Based on the results of the research carried out, it was concluded that the results of the road performance analysis using PKJI 2023 on Monday from 06.30 to 07.30 WIB showed that the road capacity value was 1485.8 PCU/hour, with a degree of saturation in the direction of the Heroes' Cemetery of 0, 93 which means unstable flow, varying low speeds and vehicle volume approaching road capacity. The average speed value in the direction of the Heroes' Cemetery is 35 km/hour. The effect of side obstacles on the performance of medium roads with large side obstacles in the direction of the Heroes' Cemetery is 363.9 total incidents/hour, so that the level of road service is E with unstable flow conditions, low vehicle speeds that vary and vehicle volumes approaching road capacity. . The results of the simulation using vissim were compared without any side obstacles. The average speed value on Monday towards the Heroes' Cemetery was 50.28 km/hour. It can be seen that the types of obstacles beside the activity of vehicles entering/entering and vehicles parking/stopping on the road make a major contribution to the reduction in road capacity.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30