ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD N 1 LUBUK BASUNG

Penulis

  • Rifdha Hayati pasca sarjana uin ib padang
  • Ahmad Sabri pasca sarjana uin ib padang
  • Sasmi Nelwati pasca sarjana UIN ib padang

Kata Kunci:

Model, Flipped Classroom, pembelajaran PAI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran PAI menggunakan Flipped Classroom, di SD N 1 Lubuk Basung dan dampaknya pada siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif dan library research, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta menambahkan informasi dari penelitian yang telah ada. Hasil dari penelitian ini adalah model Flipped Classroom adalah pembelajaran yang berfokus pada memberikan materi terlebih dahulu dan memberikan ruang kepada siswa untuk mempelajari dirumah dan lebih banyak waktu sebelum forum diskusi dimulai.  Penggunaan model pembelajaran Flipped Classrom dapat menjadikan siswa lebih aktif dan percaya diri ketika didalam kelas untuk memulai forum diskusi, karen materi diberikan sebelum pembelajaran dimulai, guru sebagai fasilitator yang akan mendampingi dan memberikan penguatan materi kepada siswa. Faktor penghambat dari penggunaan model ini adalah teknologi, karena model flipped classroom di SD N 1 Lubuk Basung menggunakan media seperti smartphone sebagai alat untuk memberikan materi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20