MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 6 KOTA GORONTALO

Penulis

  • Zulfian Ibrahim S. Ahmad Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Ellys Rachman S Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Yahya Antu S Universitas Bina Taruna Gorontalo

Kata Kunci:

Manajemen Pelayanan, Perpustakaan, Minat Baca

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengeloaan dalam perpustakaan khususnya dalam manajemen pelayanan perpustakaan di sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 6 Kota Gorontalo. Dengan manajemen pelayanan perpustakaan membantu dalam pengololaan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca dari siswa sehingga perlu adanya manajemen pelayanan dalam upaya membangun perpustakaan yang lebih maju. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara kepada pihak terkait. Hasil peneltian menunjukan bahwa, melaui aspek :1.) Sumber daya manusia yang belum optimalĀ  yang dikarenkan secara kuantitas belum terpenuhi sebgai mana yang terlihat pada kebutuhan stuktural dari perpustakaan 2.) sarana prasarana yang sudah cukup baik akan tetapi perlu lagi ada pemeliaharaan dalam pengeloalaan sarana prasarana sehingga fasilitas yang digunakan bisa lebih lama digunakan. 3.) Koleksi buku dalam perpustakaan sudah cukup banyak karena hal itu menajdi urgensi dari perpustakaan, akan tetapi perlu juga perkembangan dari koleksi buku sebagai bahan belajar dari siswa. 4.) teknologi dan digitaliasi perpustakaan belum berjalan dengan dikarenakan kedala pengoperasian dan belum adaya pengeloalaaan yang lebih lanjut lagi dalam penerapan perpustakaan digital. Temuan yang didapatkan untuk mengetahui pentingnya dalam manjemenpelayanan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca dari siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31