PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENGOPTIMALISASI HAK PENDIDIKAN ANAK JALANAN DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK PUTRA UTAMA 03 DUREN SAWIT
Kata Kunci:
Peran, Pekerja Sosial, Anak Jalanan, PendidikanAbstrak
Faktor yang memengaruhi terjadinya akses yang terbatas dikarenakan berbagai masalah, termasuk kurangnya dukungan keluarga, dana, dan transportasi, anak-anak jalanan sering kali menghadapi hambatan dalam mengejar pendidikan sekolah menengah atas. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran pekerja sosial sebagai enabler, broker dan pendidik dalam pemenuhan hak Pendidikan anak jalanandi Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Duren Sawit. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif dengan menggunakan studi deskriptif. Data yang didapatkan melaluihasil wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi serta penentuan informan berdasarkan kebutuhan penelitian yaitu dengan 4 informan utama sebagai pekerja sosial dan 3 informan pendukung. Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan untuk mengetahui peran pekerja sosial dalam pemenuhan hak pendidikan anak jalanan. Hasil tersebut menunjukan bagaimana peran pekerja sosisal sebagai penyedia kegiatan esktrakurikuler serta pemberian motivasi kepada anak, menjalin kerja sama oleh pihak terkait untuk membantu anak mendapatkan beasiswa dan melakukan pendampingan dalam pemenuhan hakpendidikan anak jalanan mencakup beberapa pendekatan yang sesuai di Panti Sosial Asuhan Anak PU 3 Duren Sawit.