PENGGUNAAN CARD E-MONEY DALAM MENDUKUNG SISTEM PEMBAYARAN DI ERA DIGITAL PADA KALANGAN MASYARAKAT
Kata Kunci:
E-Money, Technology Acceptance Model (TAM)Abstrak
Masyarakat menggunakan e-money untuk berbagai keperluan, seperti pembelian kebutuhan sehari-hari, transportasi, hingga transaksi online. Kebiasaan ini sejalan dengan gaya hidup digital yang semakin melekat di kalangan generasi muda. Penggunaan e-money memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal efisiensi dan efektivitas sistem pembayaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara serta studi literatur. Penelitian ini menggunakan kerangka teori Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menerima dan menggunakan e-money karena mereka merasakan manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi tersebut. Penemuan ini sejalan dengan teori TAM, yang menjelaskan bahwa faktor-faktor seperti PU dan PEOU memainkan peran penting dalam menentukan sikap, niat, dan perilaku pengguna terhadap teknologi baru.
People use e-money for various purposes, such as purchasing daily necessities, transportation, and online transactions. This habit is in line with the digital lifestyle that is increasingly embedded among the younger generation. The use of e-money provides many benefits to the community, especially in terms of efficiency and effectiveness of the payment system. The method used in this study is a qualitative method with data collection through interviews and literature studies. This study uses the Technology Acceptance Model (TAM) theoretical framework developed by Davis in 1989. The results of this study indicate that accepting and using e-money because they feel the benefits and convenience offered by the technology. This finding is in line with the TAM theory, which explains that factors such as PU and PEOU play an important role in determining user attitudes, intentions, and behavior towards new technologies.