PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA GUNUNG API AKTIF DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VII MTs PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Pengembangan, Kevalidtan, EfektivitasAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya media pembelajaran yang menarik dan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi gunung api aktif di kelas VII MTs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan efektivitas media Diorama Gunung Api Aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall, yang meliputi tahapan mulai dari penelitian pendahuluan hingga uji efektivitas produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid, dengan skor dari ahli media sebesar 75 dari 75 (100%) dan dari guru sebesar 71 dari 75 (94,66%). Uji skala besar terhadap siswa memperoleh skor 2150 dari total 2250 (95,55%). Efektivitas media diukur melalui pretest dan posttest, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,71 yang termasuk kategori tinggi. Secara keseluruhan, media memperoleh persentase efektivitas sebesar 90% dan masuk dalam kategori sangat efektif. Kesimpulannya, media Diorama Gunung Api Aktif layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di kelas VII karena valid dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
This research is motivated by the need for interesting and contextual learning media to improve students' understanding of active volcano material in class VII MTs. The purpose of this study is to describe the development process, validity, and effectiveness of the Active Volcano Diorama media in learning. This study uses the Borg and Gall research and development model, which includes stages ranging from preliminary research to product effectiveness testing. The validation results show that the developed media is very valid, with a score from media experts of 75 out of 75 (100%) and from teachers of 71 out of 75 (94.66%). Large-scale tests on students obtained a score of 2150 out of a total of 2250 (95.55%). The effectiveness of the media is measured through pretest and posttest, with an average N-Gain value of 0.71 which is included in the high category. Overall, the media obtained an effectiveness percentage of 90% and was included in the very effective category. In conclusion, the Active Volcano Diorama media is suitable for use as a learning aid in class VII because it is valid and effective in improving student learning outcomes