THE CONCEPT OF EDUCATION BASED ON AGE CATEGORIES ACCORDING TO JEAN-JACQUES ROUSSEAU & ITS RELEVANCE TO THE EDUCATION SYSTEM IN INDONESIA
Kata Kunci:
Rousseau, Kategori Usia, PendidikanAbstrak
Pemikiran Rousseau tentang pendidikan berdasarkan kategori usia menekankan pentingnya memahami tahap perkembangan alami anak. Menurut Rousseau, pendidikan anak-anak harus sesuai dengan tahap perkembangan fisik dan mental mereka. Ia membagi perkembangan anak menjadi beberapa tahap, seperti masa kanak-kanak dan remaja, dan menekankan perlunya pendekatan pendidikan yang berbeda untuk setiap tahap tersebut. Relevansi pemikiran Rousseau terhadap sistem pendidikan Indonesia dapat dilihat dari upaya untuk mengkaji ulang kurikulum dan metode pengajaran yang digunakan. Dengan memahami bahwa setiap tahap perkembangan anak memerlukan pendekatan yang berbeda, sistem pendidikan Indonesia dapat mengkaji ulang kurikulum dan metode pengajarannya untuk menyesuaikan dengan tahap perkembangan alami anak. Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak, sehingga mendorong perkembangan potensi anak secara optimal.
Rousseau's thinking about education based on age categories emphasizes the importance of understanding children's natural stages of development. According to Rousseau, children's education should be appropriate to their stage of physical and mental development. He divided child development into stages, such as childhood and adolescence, and emphasized the need for different educational approaches for each stage. The relevance of Rousseau's thinking to the Indonesian education system can be seen from efforts to review the curriculum and teaching methods used. By understanding that each stage of a child's development requires a different approach, the Indonesian education system can review its curriculum and teaching methods to adapt to the child's natural developmental stage. This can help create an educational environment that is more suited to children's developmental needs, thereby encouraging the optimal development of children's potential.