PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP PERSEPSI MODERASI BERAGAMA PADA ORANG MUDA KATOLIK RAYON DIMEMBE PAROKI LAIKIT
Kata Kunci:
Media Massa, Moderasi Beragama, PersepsiAbstrak
Abstrak: Media Massa merupakan suatu yang penting di zaman ini, dengan adanya media massa dapat membantu masyarakat untuk mengenal dunia dan lingkungan. Namun, dalam hal ini media massa juga memiliki dampak bagi penggunanya, khususnya dalam pandangan terhadap moderasi beragama. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan responden OMK Rayon Dimember Paroki laikit. Penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur Pengaruh Media Massa terhadap Persepsi Moderasi Beragama di kalangan Orang Muda Katolik. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Shapiro Wilk dengan sampel 40 orang. Analisis statistik digunakan untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara Media massa terhadap persepsi moderasi beragama. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikan 0.000 dengan nilai R Square sebesar 0.307.