ANALYSIS OF LANGUAGE DEVELOPMENT FROM INFANTS AGED 8 MONTHS TO 3 YEARS
Kata Kunci:
Perkembangan bahasa, pada anak-anak, Language development, in childrenAbstrak
Abstrak: Bahasa merupakan alat komunikasi manusia yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu kepada orang lain agar apa yang diucapkannya dapat mencapai tujuan yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa yang digunakan bayi usia delapan bulan hingga tiga tahun pada beberapa anak. Perkembangan bahasa pada bayi merupakan proses dimana anak memperoleh kemampuan memahami dan menggunakan bahasa secara bertahap seiring bertambahnya usia anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan wawancara langsung kepada responden. Hasil penelitian ini tujuh dari sepuluh anak delapan bulan hingga tiga tahun, pada usia delapan bulan bayi hanya merengek/menangis saja. Pada usia satu tahun, anak sudah dapat merangkai sedikit unsur bahasa, walaupun terkadang hanya mengungkapkan kata-kata secara abstrak. Pada usia dua tahun anak sudah lebih jelas dalam pengucapan kata dan dapat merangkai lebih banyak kata. Pada usia tiga tahun, banyak anak yang sudah merangkai unsur-unsur bahasa dengan hampir sempurna, meskipun sebagian besar anak belum bisa mengucapkan huruf “R”, tidak semua anak usia tiga tahun belum bisa mengucapkan huruf “R”, ada pula yang sudah berinteraksi dengan baik dan benar.
Abstract: Language is a human communication tool used to express something to people so that what they say can achieve the goals they want. This study aimed to determine the development of language used by infants aged eight months to three years in some children. Language development in infants is the process by which children acquire the ability to understand and use language gradually as children age. This research uses qualitative methods which are conducted by direct interviews with respondents. The results of this study seven out of ten children eight months to three years, at the age of eight months babies just whine/cry only. At the age of one year, children can already string together a little element of language, although sometimes only express words abstractly At the age of two years children are clearer in the pronunciation of words and can string together more words. At the age of three, many children are already stringing together language elements almost perfectly, although most children cannot pronounce the letter "R", not all three-year-old children cannot pronounce the letter "R", some have interacted well and correctl