Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi (Survei Pada SMK Swasta Di Kabupaten Tangerang)

Penulis

  • Eka Putra Afriansyah Universitas Indraprasta PGRI
  • Megawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Heru Sriyono Universitas Indraprasta PGRI

Kata Kunci:

Prestasi Belajar Siswa Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Disiplin Belajar

Abstrak

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif survei. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Islam Insan Mulia Tangerang dan SMK Yuppentek 5 Tangerang yang berjumlah 517 siswa, dengan mengambil sampel 84 siswa secara acak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan Hasil Raport Pembelajaran Tahun Ajaran 2023/2024. Untuk pengujian hipotesis variabel kecerdasan emosional dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa akuntansi dari hasil uji f di peroleh nilai Sig. yaitu 0,000 < 0,05 dan F_hitung = 25.424. maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan disiplin belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa akuntansi. Untuk pengujian hipotesis variabel kecerdasan emosional dengan prestasi belajar ini digunakan uji t, dari hasil uji t di peroleh nilai Sig. yaitu 0,000 < 0,05 dan F_hitung = 4,266, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa akuntansi. Untuk pengujian hipotesis variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa akuntansi dari hasil uji t diperoleh nilai Sig. yaitu 0,000 < 0,05 dan F_hitung = 4,990, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa akuntansi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30