PERAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Penulis

  • Irma Yuriani Simamora Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hanifah Fitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ariati Putri Siagian Siagian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adrian Syahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Komunikasi Pembangunan, Pendidikan, Kualitas, Kebijakan

Abstrak

Komunikasi pembangunan memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di suatu negara. Tulisan ini bertujuan mengkaji peran komunikasi pembangunan dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui pendekatan kualitatif studi literatur. Berbagai literatur terkait dikaji untuk melihat hubungan komunikasi pembangunan dengan pendidikan serta implementasinya dalam kebijakan pendidikan. Hasil studi menunjukkan bahwa komunikasi pembangunan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan, merancang dan mengimplementasikan kebijakan pendidikan yang efektif, serta memobilisasi dukungan sumber daya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Disimpulkan bahwa komunikasi pembangunan memiliki peran strategis dalam reformasi pendidikan melalui kebijakan yang partisipatif dan mobilisasi dukungan pemangku kepentingan pendidikan.

Development communication plays an important role in improving the quality of education in a country. This paper aims to examine the role of development communication in improving the quality of education through a qualitative approach to literature study. Various related literatures are reviewed to see the relationship between development communication and education and its implementation in education policy. The results of the study indicate that development communication can increase public awareness of the importance of education, design and implement effective education policies, and mobilize resource support to improve the quality of education. It is concluded that development communication has a strategic role in education reform through participatory policies and mobilizing stakeholder support for education.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01