Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Pembelajaran Hybrid Learning Dengan Penerapan Metode Buzz Grup di Kelas IX SMP Negeri 178 Jakarta

Penulis

  • Rosmah SMP N 178 Jakarta

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar, Buzz Group, Hybrid Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Dalam kegiatan pembelajaran keaktifan peserta didik merupakan hal penting , keaktifan peserta didik berfungsi untuk menggali informasi, mengkonfirmasi dan mengkomunikasikan apa yang sudah diketahui, dan mengarahkan perhatian dan minat untuk mengetahui lebih jauh hal-hal yang berhubungan dengan materi pelajaran yang belum diketahuinya. Dorongan ingin tahu yang besar dapat memotivasi peserta didik untuk aktif dalam belajar dari berbagai sumber sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan. Walaupun penelitian ini dalam prosesnya mengamati aktivitas belajar peserta didik tapi fokus penelitian adalah hasil atau prestasi belajar IPS peserta didikpada kegiatan pembelajaran hybrid learning. Berdasarkan hasil pengamatan saat belajar IPS secara hybrid learning kondisi kelas IX SMPN 178 Jakarta TP 2021 – 2022 (4 kelas yang diampu) banyak yang mengalami penurunan motivasi belajar. Beberapa peserta didik kurang aktif dalam belajar dan tidak mengerjakan tugas belajar yang seharusnya mereka kerjakan. Berbagai media pembelajaran sudah diterapkan, dengan harapan dapat menarik minat belajar seluruh peserta didik, namun belum mendapatkan hasil yang maksimal. Kelas IX.8 memperoleh nilai rata-rata dan ketuntatasan belajar paling rendah diantara kelas lainnya, makanya penulis memutuskan untuk mengadakan penelitian di kelas tersebut. Berdasarkan penilaian harian 1 dapat dilihat hasil belajar peserta didik masih banyak yang memperoleh nilai di bawah KKM. Oleh sebab itu diputuskan untuk menerapkan metode pembelajaran Buzz Group. Yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar peserta didik dan mendeskripsikan respon peserta didik setelah diterapkan metodel pembelajaran ini. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di kelas IX.8 SMP Negeri 178 Jakarta yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan pengamatan kegiatan belajar peserta didik dan butir soal tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Dalam penerapan pembelajaran Diskusi Buzz Group diawali dengan tahap perencanaan, dilanjutkan dengan tahap tindakan/kegiatan, tahap observasi dan tahap menyimpulkan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran Diskusi Buzz Group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik, hal ini diketahui dari antusias dan banyaknya peserta didik yang aktif dalam belajar demikian juga hasil evaluasi yang dilakukan juga menunjukkan peningkatan baik rata-rata nilai maupun ketuntasan belajar. Dengan demikian metode pembelajaran Diskusi Buzz Group tepat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran IPS secara hybrid learning. Walaupun ada beberapa kelemahan dalam penerapan metode pembelajaran ini masih dapat di atas, sehingga dalam pelaksanaannya kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30