STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PAKET LAYANAN KOMPLIT (SIM PAKLAY KOMPLIT) DI KABUPATEN KARANGANYAR
Kata Kunci:
Inovasi, Efektif, Pelayanan PublikAbstrak
Perkembangan teknologi mengubah pola pikir manusia, termasuk dalam hal pelayanan publik untuk meningkatkan pelayanan yang dituntut efektif dan efisien, mengurangi kerumunan panjang, serta pemanfaatan sumber daya pegawai agar lebih maksimal. Dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Karanganyar memiliki inovasi pelayanan yang disebut dengan Sistem Informasi Manajemen Paket Layanan Komplit (SIM Paklay Komplit) untuk menunjang pelayanan bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Menurut indikator strategi, Dinas tersebut sudah pada kategori efektif dibuktikan dengan sudah memiliki visi, misi, dan tujuan, dampak inovasi yang tepat sasaran, sumber daya memadai, serta kerja sama antar pegawai sudah terjalin dengan baik.
Technological developments are changing human thought patterns, including in terms of public services to improve services that are required to be effective and efficient, reduce long crowds, and make maximum use of employee resources. In this case, the Karanganyar Population and Civil Registration Service has a service innovation called the Complete Service Package Management Information System (SIM Paklay Komplit) to support services for the community. This research uses qualitative research methods with a descriptive approach. According to the strategic indicators, the Department is in the effective category as proven by having a vision, mission and goals, the impact of innovation is right on target, adequate resources, and cooperation between employees has been well established.