IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH SULSELBAR MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN CORPORATE IMAGE.

Penulis

  • Muh Nurqadri Jamal Universitas Almarisah Madani
  • Suherli Universitas Almarisah Madani

Kata Kunci:

Implementasi Program CSR, PT BPD Sulselbar Makassar, Masyarakat Sasaran CSR.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di PT BPD Sulselbar Makassar dengan tujuan mengetahui bagaimana Implementasi Program CSR PT BPD Sulselbar Makassar dalam meningkatkan Corporage Image, dan mengetahui bagaimana persepsi Khalayak/publik sasaran CSR PT BPD Sulselbar Makassar. Fokus penelitian ini berorientasi pada Implementasi Program CSR dalam meningkatkan Corporate Image, dan persepsi khalayak/publik sasaran CSR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Data bersumber dari dua orang pihak internal PT BPD Sulselbar Makassar yaitu ketua pelaksana CSR dan pelaksana CSR, dan masyarakat sasaran CSR 5 orang dan penanggung jawab masing-masing dari mitra CSR 2 orang di 2 tempat yang berbeda, tepatnya di Trans Studio Mall dan Komunitas Masyarakat Pengrajin Eceng Gondok. Data hasil wawancara dianalisis dengan menelaah seluruh data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Program CSR PT BPD Sulselbar Makassar di laksanakan oleh Divisi Group Corporate Secretary, Dalam penerapannya, terdapat beberapa program utama dan situasional, program utama adalah program Corporate Social Responsibility PT BPD Sulselbar Makassar yang dilaksanakan sesuai visi, atau program yang menjadi fokus utama PT BPD Sulselbar Makassar. Sedangkan program situasional adalah program CSR yang sifatnya dilakukan pada waktu tertentu atau quick respons. Program utama CSR PT BPD Sulselbar menggunakan model/pola kemitraan sedangkan Program situasional dilakukan oleh pihak PT BPD Sulselbar sendiri. Dalam meningkatkan Citra Perusahaan PT BPD Sulselbar cenderung melibatkan Mitranya dalam penerapan CSR. Persepsi sasaran CSR Cukup baik terhadap PT BPD Sulselbar dikarenakan muncul melalui program CSR yang bermanfaat, tujuan yang realistis, visi yang selaras dengan mitra, branding perusahaan daerah (BUMD), dan keseriusan pihak PT BPD Sulsebar terhadap Program CSR.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-13