PANDANGAN MAHASISWA TERHADAP KEADILAN DI INDONESIA

Penulis

  • Begawan Reda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dimas Adi Nugroho Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Dwi Nurhalim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Haefan Januar Abdurrohim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rayyana Lazhwardi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Supriyono Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Keadilan, Mahasiswa, Sistem Peradilan

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang pandangan mahasiswa terhadap keadilan di indonesia. Penulisan penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif untuk mengetahui apa pandangan mahasiswa terhadap keadilan di indonesia. Melalui analisis wawancara/Quesioner (mengisi google formulir) yang berisi pertanyaan - pertanyaan mengenai bagaimana pandangan mahasiswa terhadap keadilan di indonesia. Melalui penelitian tersebut bisa ditemukan bahwa mahasiswa menilai keadilan tidak hanya dari segi hukum yang formal, tetapi juga mendapati ketidak adilan dari segi sosial dan ekonomi. Pendekatan kualitatif memberikan kedalaman pemahaman yang diperlukan untuk mengetahui pandangan mahasiswa terhadap keadilan. Hasil penelitian ini adalah ditemukanya bahwa sebagian besar mahasiswa mengidentifikasi ketidaksetaraan dalam hal seperti sosial, ekonomi,dan hukum sebagai tantanga utama bagi seorang mahasiswa. Selain itu partisipasi dalam keorganisasian dan acara kegiatan sosial lainya juga memainkan peran penting dalam membentuk perspektif mahasiswa terhadap keadilan. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang cara mahasiswa memandang dan merespons isu - isu keadilan, yang dapat menjadi dasar untuk perdebatan lebih lanjut dan upaya perubahan dalam masyarakat.

This research examines students' views on justice in Indonesia. This research was written using a qualitative approach to find out what students' views on justice in Indonesia are. Through interview analysis/Questionnaires (filling out a Google form) which contains questions about how students view justice in Indonesia. Through this research, it can be found that students assess justice not only from a formal legal perspective, but also find injustice from a social and economic perspective. A qualitative approach provides the depth of understanding needed to determine students' views of justice. The results of this research were the discovery that the majority of students identified inequality in matters such as social, economic and legal matters as the main challenge for a student. Apart from that, participation in organizations and other social activities also plays an important role in shaping students' perspectives on justice. This research provides in-depth insight into how students view and respond to issues of justice, which can form the basis for further debate and efforts for change in society.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30