STRATEGI PENYIARAN RADIO: ANALISIS MASALAH DAN TANTANGAN BROADCASTING RADIO
Kata Kunci:
Radio Broadcasting, Masalah, TantanganAbstrak
Perkembangan teknologi informasi menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan berbagai macam Industri dalam mempertahankan esksitensi terutama di gempuran dunia digital. Radio sebagai salah satu media konvesional sejak tahun 1939, memerlukan strategi yang mampu mempertahankan media yang ada. Perubahan dan perkembangan dilakukan dalam penyiaran radio sebagai upaya mempertahankan audience dan stakeholder. Pada penelitian didapatkan hasil yang berupa solusi yang dapat diterapkan oleh media radio broadcasting dalam menghadapi masalah dan tantangan seperti ikuti strategi audiens, mengembangkan interkasi audiens, mempelajari kebiasaan audiens, konvergensi media, dan evaluasi.
The development of information technology is a consideration that needs to be considered by various industries in maintaining their existence, especially in the digital world. Radio as one of the conventional media since 1939, requires a strategy that is able to maintain existing media. Changes and developments are made in radio broadcasting as an effort to maintain audience and stakeholders. In the research, the results obtained are in the form of solutions that can be applied by radio broadcasting media in facing problems and challenges such as following audience strategies, developing audience interaction, studying audience habits, media convergence, and evaluation.