PERAN PUSTAKAWAN DALAM MEMPERTAHANKAN FONDASI PENGETAHUAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN DI ERA DIGITAL

Penulis

  • Juita Sidabariba Universitas Terbuka Jakarta
  • Machsun Rifauddin Universitas Terbuka Jakarta

Kata Kunci:

Era Disrupsi, Peran Pustakawan, Perilaku Pengguna, Profesionalisme Kepustakawanan

Abstrak

Era digital menimbulkan tantangan bagi pustakawan terkait dengan peran dan perubahan perilaku pengguna. Namun, tidak semua pustakawan mampu dalam mengatasi tantangan tersebut. Pergeseran pola akses dan konsumsi informasi pengguna di era digital menjadi perhatian khusus bagi pustakawan masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pustakawan dalam memberikan layanan pengguna di era digital yang semakin kompleks dan dinamis dengan mengidentifikasi dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan oleh pustakawan untuk memenuhi tuntutan perubahan perilaku pengguna. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka melalui literatur dan sumber-sumber yang membahas terkait isu-isu sesuai dengan topik terkait perilaku pengguna di era disrupsi. Analisis yang digunakan dalam studi literatur ini mencakup pemetaan konsep, analisis tematik, dan sintesis kritis dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi peran pustakawan dalam menghadapi perilaku pengguna di era digital. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah gagasan terkait profesionalisme dan kecakapan pustakawan sebagai edukator literasi informasi, etika pemanfaatan teknologi, sumber daya edukatif bagi pemustaka, kepemimpinan dan inovasi pustakawan. Hal ini berguna untuk memperkuat peran pustakawan sebagai fasilitator pengetahuan, tetap relevan dan efektif dalam memberikan layanan pengguna di era digital.

The digital era poses challenges for librarians related to their role and changes in user behavior. However, not all librarians are able to overcome these challenges. This study aims to analyze the needs of librarians in providing user services in an increasingly complex and dynamic digital era by identifying and developing the skills needed by librarians to meet the demands of changing user behavior. The method used is qualitative with a literature study approach through literature and sources that discuss issues related to the topic related to user behavior in the era of disruption. The analysis used in this literature study includes concept mapping, thematic analysis, and critical synthesis of various sources to identify the role of librarians in dealing with user behavior in the digital era. The result of this study is the role of librarians as educators of information literacy, ethics of technology utilization and educational resources for users. This is useful to strengthen the role of librarians as knowledge facilitators, remaining relevant and effective in providing user services in the digital era.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30