PENGARUH PARKIR PADA BAHU JALAN (ON STREET PARKING) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN BERDASAR TINGKAT PELAYANAN DI JALAN WONOSOBO-PURWOREJO, KERTEK, KEC. KERTEK, KABUPATEN WONOSOBO, JAWA TENGAH
Kata Kunci:
Parkir, Lalu lintas, Tingkat pelayanan jalan, Parkir bahu jalan, Parking, Traffic, Level of services, On street parkingAbstrak
Jalan Wonosobo-Purworejo Kecamatan Kertek merupakan jalan yang berada di Sdaerah komersial. Jalan tersebut dikelilingi oleh toko-toko yang merupakan bagian dari adanya kegiatan pasar di daerah tersebut. Jalan tersebut mempunyai kendala lahan parkir yang kurang sehingga pengendara seringkali parkir di bahu jalan/badan jalan. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan kinerja arus lalu lintas pada jalan tersebut. Dalam penelitian ini, digunakan metode kuantitatif yang menekankan pada masalah pengaruh parkir di badan jalan terhadap kinerja arus lalu lintas pada Jalan Wonosobo-Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan data survei langsung di lapangan, serta mengikuti petunjuk pengerjaan dengan pedoman dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997) dengan diperoleh data volume lalu lintas (Q), kapasitas jalan (C), dan derajat kejenuham (DS). Dari hasil analisa didapat nilai DS 0,704 dimana tingkat pelayanan jalan adalah berada pada level C dengan arus stabil, kecepatan dapat dikontrol oleh lalu lintas. Kasus-kasus dominan yang berkontribusi pada kemacetan lalu lintas dan menurunkan tingkat pelayanan jalan ini adalah kegiatan parkir pada badan jalan. Dalam rangka memperbaiki kinerja ruas jalan, salah satu aspek perbaikan adalah pengelolaan kegiatan parkir pada badan jalan dengan baik.
Wonosobo-Purworejo Road, Kertek District, is a road in a commercial area. The street is surrounded by shops which are part of the market activities in the area. The road has less parking space constraints so motorists often park on the shoulder of the road/road body. This causes a decrease in the performance of traffic flow on the road. In this study, a quantitative method was used which emphasized the effect of on-street parking on the performance of traffic flow on Jalan Wonosobo-Purworejo. Data collection techniques used survey data directly in the field, and followed the work instructions with guidelines from the 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI 1997) to obtain data on traffic volume (Q), road capacity (C), and degree of saturation (DS). from the results of the analysis it can be obtained that the DS value is 0.704 where the road service level is at level C with a stable flow, speed can be controlled by traffic. The dominant cases that contribute to traffic jams and reduce the level of road service are parking activities on the road. In order to improve the performance of road sections, one aspect of improvement is the management of parking activities on the road body.