IMPLIKASI FILSAFAT PENDIDIKAN ALIRAN IDEALISME PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA
Kata Kunci:
Implikasi, Filsafat, Idealisme, PendidikanAbstrak
Artikel ini membahas dampak filosofi pendidikan idealisme dalam konteks pendidikan modern, dengan fokus pada pengaruhnya terhadap metode pembelajaran dan pendekatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang penerapan idealisme dalam sistem pendidikan, terutama dalam pembentukan karakter melalui pengembangan intelektual hingga keterampilan berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan analisis filosofis dari teori pendidikan idealisme dan studi kasus penerapan idealisme dalam kurikulum pendidikan saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan idealisme dalam pendidikan dapat meningkatkan pemikiran kritis dan kreativitas siswa, terutama melalui kurikulum yang menerapkan prinsip-prinsip idealisme. Implikasi dari temuan ini memperkuat pentingnya mengintegrasikan filosofi pendidikan idealisme dalam pembelajaran modern sebagai landasan pengembangan karakter dan pemahaman nilai-nilai kehidupan siswa. Penelitian ini juga merefleksikan beberapa tantangan praktis dalam menerapkan idealisme dalam sistem pendidikan saat ini. Dengan demikian, hasil studi ini memberikan wawasan yang komprehensif tentang potensi filosofi pendidikan idealisme sebagai fondasi yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dengan implikasi praktis untuk pengembangan strategi pembelajaran yang holistik dan berorientasi pada pengembangan kepribadian siswa.
This article explores the impact of the educational philosophy of idealism within the context of modern education, with a focus on its influence on learning methods and educational approaches. The research employs a philosophical analysis of idealism's educational theory and includes a case study of its application in the current educational curriculum. The results indicate that incorporating idealism into education can enhance students' critical thinking and creativity, particularly when a curriculum aligns with idealistic principles. These findings underscore the importance of integrating idealism into modern learning, serving as a foundation for character development and understanding students' life values. The article also considers practical challenges in implementing idealism within the current education system. In conclusion, it offers a comprehensive insight into the potential of idealism as an educational philosophy, emphasizing its role as a robust foundation for enhancing the quality of education. The article has practical implications for the development of holistic learning strategies that prioritize students' personality development.