ANALISIS KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN DI WONOSOBO

(STUDI KASUS JLN. KYAI MUNTANG)

Penulis

  • SEPTIANA RAHMAHAYATI UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN
  • MAYADA FITRIYANI UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN
  • ANIDA HIDAYATUR RAHMAH UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN
  • WIJI LESTARINI UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN

Kata Kunci:

Jalan, Analisis, Derajat kejenuhan, Road, Analysis, Degree of saturation

Abstrak

Jalan adalah sarana yang dirancang untuk memudahkan perpindahan manusia dan barang dari tempat ke tempat yang lain sehingga jalan harus dibangun dengan mempertimbangkan keamanan, kenyamanan, serta efisiensi waktu para penggunanya, adanya aktifitas parkir dan pemberhentian kendaraan di badan jalan menjadikan jalan tidak dapat digunakan secra optimal dalam membantu aktifitas pergerakan manusia. Adanya aktifitas tersebut membuat badan jalan yang digunakan sebagai perlintasan kendaraan mengalami penyempitan sehingga berpengaruh terhadap kepadatan lalu lintas. Dengan menggunakan metode MKJI 1997, maka dapat dianalisis mengenai karakeristik pada jalan tersebut. Dari hasil analisis yang telah dilakukan terhadap 3 titik pada ruas jalan Kyai Muntang dihasilkan derajat kejenuhan (DS) pada titik 1, 2, 3 berturut-turut yaitu 0,426 ; 0,468 ; 0,468. Kecepatan arus bebas sebesar 35,34 km/jam pada titik 1; 33,06 km/jam pada titik 2; 33,06 km/jam pada titik 3. Dengan kapasitas jalan sebesar 5251 smp/jam/jalur pada titik 1; 4775,045 smp/jam/jalur pada titik 2; 4775,045 smp/jam/jalur pada titik 3.

Roads are a means designed to facilitate the movement of people and goods from one place to another, so roads must be built taking into account the safety, comfort, and time efficiency of their users. Parking activities and vehicle stops on the road make the road unable to be used optimally. Assist human movement activities. This activity causes the road body used as a vehicle crossing to narrow, thereby affecting traffic density. Using the 1997 MKJI method, the characteristics of the road can be analyzed. From the analysis results on 3 points on the Kyai Muntang road, the degree of saturation (DS) at points 1, 2, and 3 respectively is 0.426; 0.468; 0.468. Free flow speed is 35.34 km/hour at point 1; 33.06 km/hour at point 2; 33.06 km/hour at point 3. With a road capacity of 5251 pcu/hour/lane at point 1; 4775,045 pcu/hour/lane at point 2; and 4775,045 pcu/hour/lane at point 3.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20