Penyuluhan Manajemen Waktu Melatih Kedisiplinan Anak-Anak Didik Di SMK Sasmita Jaya 2 Tangerang Selatan
Kata Kunci:
Manajemen Waktu, Perubahan, KedisiplinanAbstrak
Abstrak: Kedisiplinan merupakan sikap yang penting untuk dibiasakan sejak dini. Namun permasalahannya ketika anak-anak menginjak masa remaja kedisiplinan diri sudah mulai berkurang, padahal kediplinan bagian dari penanaman nilai-nilai karakter sehingga anak dapat mengatur dirinya sendiri. Oleh karena itu diperlukan perubahan paradigma anak-anak untuk mau bergerak dan mempunyai niat melakukan perubahan diri kearah yang lebih baik, maka dari itu diperlukan penyuluhan tentang manajemen waktu. Tujuan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa agar dapat menumbuhkan sikap disiplin yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Metode pengabdian ini berupaya penyuluhan kepada anak-anak di SMK Sasmita Jaya 2 berjumlah 50 peserta. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap kedisiplinan diri, hal itu dapat dibuktikan dengan adanya perubahan dalam keseharian siswa setelah adanya kegiatan ini. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, hal ini dapat dilihat dari implementasi pengabdian masyarakat ini siswa dapat membuat jadwal untuk membiasakan disiplin, dan dengan kediplinan siswa termotivasi untuk dapat meraih kesuksesan dimasa depan.
Abstract: Discipline is an important attitude to be used early. But the problem is when the children step in the youth of self-discipline has begun to diminish, when it is a part of planting character values so that the child can set himself up. It is therefore necessary to change the paradigm of children to want to move and have the intention of making self-change towards a better, then it is necessary counseling about time management. The purpose of this devotion is expected to provide understanding to students in order to foster a disciplined attitude that can be applied in daily life. This method of devotion seeks counseling to children in SMK Sasmita Jaya 2 amounted to 50 participants. The result of devotion to this society has increased students understanding of self- discipline, it can be proved by the change in daily students after this activity. Students are very enthusiastic to follow the activities of this Community devotion, this can be seen from the implementation of this community devotion students can make a schedule to familiarize the discipline, and with the student Kediplinan motivated to be able to achieve future success.