Membangun Semangat Belajar Dan Nasionalisme Dengan Memperkenalkan Budaya Indonesia Di Sanggar Bimbingan Kuala Langat
Kata Kunci:
Sanggat Bimbingan Kuala Langat, Kegiatan Nasionalisme, Hak PendidikanAbstrak
Abstrak: Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan penggambaran tentang bagaimana upaya dalam menumbuhkan karakter cinta tabah air pada anak-anak Imigran di Selangor (SB Kuala Langat). Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan upaya dalam menumbuhkan sikap karakter cinta tanah air melalui kegiatan-kegiatan belajar dan bermain yang didasarkan pada nilai-nilai nasionalisme. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan dokumentasi yang bersumber dari data pribadi peneliti. Adanya karakter cinta tanah air yang masih rendah yang dimiliki oleh para anak imigran, sehingga perlu dilakukannya metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Oleh karena itu upaya membimbing dalam menumbuhkan cinta tanah air sangat diperlukan bagi anak-anak Imigran di Selangor terkhususnya bagi siswa Sanggar Bimbingan Kuala Langat.
Abstract: This article is intended to provide an overview of how efforts are made to cultivate the character of steadfast love of water in Immigrant children in Selangor (SB Kuala Langat). The method of implementation in this service is a descriptive qualitative method that aims to describe efforts in cultivating character attitudes of love for the homeland through learning and playing activities based on nationalism values. Data collection techniques carried out are observation and documentation sourced from researchers' personal data. The character of love for the homeland is still low possessed by immigrant children, so it is necessary to carry out learning methods that can grow and increase the love of the motherland. Therefore, guiding efforts in cultivating love for the homeland are very necessary for immigrant children in Selangor, especially for students of Sanggar Bimbingan Kuala Langat.