PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDAMPINGAN UMKM WADI PATIN KHAS KALIMANTAN MELALUI PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN APLIKASI PENCATATAN KEUANGAN
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran UMKM, Wadi Patin, Promosi, Laporan Keuangan DigitalAbstrak
UMKM di Kalimantan, khususnya produsen wadi ikan patin, memiliki kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia. Kendala utama yang dihadapi meliputi pencatatan keuangan, perencanaan usaha, dan promosi digital. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan pelatihan dan pendampingan untuk mengatasi kendala tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan dalam pencatatan laporan keuangan sederhana, perencanaan usaha yang efektif, dan pemanfaatan media sosial sebagai platform promosi digital terbukti efektif. Pendampingan ini diharapkan dapat menjadi model untuk UMKM di daerah lain, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memperkuat ekonomi daerah.
Diterbitkan
2024-10-31
Terbitan
Bagian
Artikel