PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDAMPINGAN UMKM WADI PATIN KHAS KALIMANTAN MELALUI PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN APLIKASI PENCATATAN KEUANGAN

Penulis

  • Muhammad Sholeh Anshorie Universitas Palangka Raya
  • Maulana Afwannur Universitas Palangka Raya
  • Maurin Dina Universitas Palangka Raya
  • Nadya Universitas Palangka Raya
  • Pio Rolanda Egi Saputra Universitas Palangka Raya
  • Theresia Mentari Universitas Palangka Raya
  • Iwan Christian Universitas Palangka Raya

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran UMKM, Wadi Patin, Promosi, Laporan Keuangan Digital

Abstrak

UMKM di Kalimantan, khususnya produsen wadi ikan patin, memiliki kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia. Kendala utama yang dihadapi meliputi pencatatan keuangan, perencanaan usaha, dan promosi digital. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan pelatihan dan pendampingan untuk mengatasi kendala tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan dalam pencatatan laporan keuangan sederhana, perencanaan usaha yang efektif, dan pemanfaatan media sosial sebagai platform promosi digital terbukti efektif. Pendampingan ini diharapkan dapat menjadi model untuk UMKM di daerah lain, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memperkuat ekonomi daerah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31