PENGARUH INFLUENCER TERHADAP GAYA HIDUP GEN Z

Penulis

  • Syafruddin Pohan Universitas Sumatera Utara
  • Wahyuni Deylyana Siregar Universitas Sumatera Utara
  • Adek Safitri Universitas Sumatera Utara

Kata Kunci:

Filsafat Dan Etika Komunikasi, Gaya Hidup, Influencer, Gen Z

Abstrak

Ketergantungan Generasi Z terhadap dunia digital terlihat dari penggunaan media sosial, smartphone, dan platform streaming yang sangat tinggi. Banyak dari mereka merasa sulit untuk melepaskan perangkat mereka, yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan hubungan sosial. Selain itu, ketergantungan ini sering kali mengurangi keterampilan komunikasi langsung dan meningkatkan risiko isolasi sosial. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gaya hidup influencer terhadap perilaku dan preferensi Gen Z, serta dampaknya terhadap identitas mereka sebagai konsumen di era digital. Metode penelitian ini menggunakan studi literasi. Paradigma yang digunakan yaitu : Teori Penggunaan dan Kepuasan (Uses and Gratifications Theory), Teori Identitas Sosial (Social Identity Theory), dan Teori Ekologi Media (Media Ecology Theory). Hasil penelitian : Pengaruh influencer terhadap gaya hidup Gen Z sangat kuat dan kompleks. Influencer tidak hanya mempengaruhi preferensi dan keputusan pembelian, tetapi juga berperan dalam pembentukan identitas sosial dan nilai-nilai yang dianut oleh Gen Z.

Generation Z's dependence on the digital world can be seen from the very high use of social media, smartphones and streaming platforms. Many of them find it difficult to give up their devices, which can affect their mental health and social relationships. Additionally, this dependency often reduces direct communication skills and increases the risk of social isolation. This article aims to examine the influence of influencer lifestyles on Gen Z's behavior and preferences, as well as its impact on their identity as consumers in the digital era. This research method uses literacy studies. The paradigms used are: Uses and Gratifications Theory, Social Identity Theory, and Media Ecology Theory. Research Results: The influence of the influencer lifestyle on Gen Z is very strong and complex. Influencers not only influence preferences and purchasing decisions, but also play a role in shaping the social identity and values held by Gen Z.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30