ANALISIS KUANTITATIF: HUBUNGAN ANTARA KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK DAN KUALITAS LAYANAN PERTANAHAN DI KANTOR WILAYAH BPN GORONTALO
Kata Kunci:
Kualitas Layanan Publik, Pertanahan, Kebijakan PelayananAbstrak
Kualitas pelayanan publik, khususnya jasa pertanahan, dalam lingkup Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo masih menghadapi sejumlah tantangan. Permasalahan yang sering muncul antara lain keterlambatan proses sertifikasi tanah, kurangnya transparansi biaya layanan, dan sistem pengaduan yang kurang optimal. Pengaduan masyarakat juga sering dikaitkan dengan kurangnya aksesibilitas informasi mengenai prosedur pelayanan dan rendahnya respons petugas terhadap kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan penyelenggaraan pelayanan publik dari aspek komunikasi, sumber daya, dan disposisi terhadap kualitas pelayanan pertanahan di lingkungan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan paradigma kuantitatif dan penentuan sampel menggunakan metode sampel jenuh dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Teknik Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian adalah kebijakan pelaksanaan pelayanan publik yang ditinjau dari aspek komunikasi, sumber daya, dan sikap pelaksanaan (disposisi) mempengaruhi kualitas pelayanan pertanahan di lingkungan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo.