PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6

Penulis

  • Sinta Yuni Lestari Universitas Negeri Semarang
  • Filia Indonesia AHSS Universitas Negeri Semarang
  • Kurotul Aeni Universitas Negeri Semarang
  • Wulan Aulia Azizah Universitas Negeri Semarang

Kata Kunci:

Media interaktif, Pembelajaran, PKN

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menyelidiki pengaruh media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara menaikkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKN. Metode yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan tes sebagai pengumpulan datanya. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas 6 SDN Mokaha 01 dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian merupakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penggunaan media pembelajaran interaktif menunjukan bahwa pemahaman siswa akan materi kewajiban dan hak mata pelajaran PKN mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes siswa yang meningkat dari 66, 73% menjadi 80,19%, sehingga tergolong peningkatan hasil belajar yang cukup tinggi. Dengan peningkatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31