Harmoni Filsafat Pendidikan: Membimbing Tipe-Tipe Guru Menuju Pembelajaran yang Holistik

Penulis

  • Husnul Khotimah Rusmanto Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Universitas Negri Makassar

Kata Kunci:

Harmoni, Filsafat Pendidikan, Pembelajaran Holistik

Abstrak

Artikel ini membahas bagaimana filsafat pendidikan harus selaras untuk membimbing berbagai guru dalam membuat pembelajaran yang holistik. Pembelajaran holistik mempertimbangkan perkembangan siswa secara keseluruhan, yang mencakup kognitif, emosi, sosial, dan spiritual. Dalam artikel ini, ditekankan bahwa menggabungkan berbagai jenis guru, konselor, dan fasilitator dalam proses pembelajaran sangat penting. Selain itu, dibahas tentang pentingnya pengembangan profesional untuk menyediakan guru dengan kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang holistik. Selain itu, artikel ini menunjukkan bahwa berbagai pendekatan, seperti pemanfaatan teknologi dan pendekatan berbasis proyek, sangat penting untuk membuat pengalaman belajar yang menyenangkan dan relevan bagi siswa. Artikel ini juga membahas faktor pendukung dan penghambat yang perlu diperhatikan saat membimbing semua jenis guru menuju pembelajaran yang holistik. Dengan memahami dan menerapkan konsep yang selaras dalam filsafat pendidikan. Melalui pemahaman dan penerapan konsep harmoni filsafat pendidikan, diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang memenuhi kebutuhan siswa secara menyeluruh dan membantu mereka berkembang menjadi individu yang holistik dan mandiri.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31