PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 TILANGO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Penulis

  • Rahmat Ramdani K. Hasanah Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo
  • Asna Ntelu Universitas Negeri Gorontalo
  • Wa Ode Irawati Universitas Negeri Gorontalo

Kata Kunci:

Pembelajaran, Menulis Puisi, Akrostik

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran menggunakan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tilango, (2) pelaksanaan penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tilango, (3) hasil kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tilango. (4) faktor penghambat yang memengaruhi penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1Tilango, (5) solusi untuk mengatasi faktor penghambat yang memengaruhi penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tilango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian bersumber dari proses pembelajaran yang dilakukan antara peneliti dan peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Tilango, data tersebut kemudian dikumpulkan, dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk pembahasan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tilango tahun pelajaran 2023/2024 berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Peserta didik mampu menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik sesuai dengan unsur-unsur dalam puisi, dari keseluruhan peserta didik yang berjumlah 19 orang, terdapat 11 orang yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan sisanya yang berjumlah 8 orang memperoleh nilai di bawah KKM.

This research aims to describe: (1) the planning of learning using the acrostic technique in poetry writing for Grade X students of SMA Negeri 1 Tilango, (2) the implementation of the acrostic technique in poetry writing learning for Grade X students of SMA Negeri 1 Tilango, (3) the outcomes of poetry writing skills of Grade X students at SMA Negeri 1 Tilango, (4) the inhibiting factors affecting the implementation of the acrostic technique in poetry writing learning for Grade X students of SMA Negeri 1 Tilango, and (5) solutions to overcome the inhibiting factors affecting the implementation of the acrostic technique in poetry writing learning for Grade X students of SMA Negeri 1 Tilango. This research employs a descriptive approach with a qualitative research design. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. The research data were obtained from the learning process conducted between the researcher and the students of Grade X at SMA Negeri 1 Tilango. The collected data were analyzed and described qualitatively. The results indicate that implementing the acrostic technique in poetry writing learning for Grade X students of SMA Negeri 1 Tilango in the academic year 2023/2024 was conducted effectively and achieved satisfactory outcomes. Students could write poetry using the acrostic technique, adhering to the essential elements of poetry. Out of the 19 students, 11 scored above the Passing Grade (PG), while the remaining 8 scored below the PG.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-27