Pemberdayaan Kewirausahaan Siswa SMPN 49 Surabaya Melalui Pembelajaran dan Pendampingan

Penulis

  • Restu Wijang Prasetyo UPN Veteran Jawa Timur
  • Yuniningsih UPN Veteran Jawa Timur

Kata Kunci:

Kewirausahaan, Siswa SMPN 49 Surabaya, Pemberdayaan, Usahawan Muda

Abstrak

Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam melakukan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang bermanfaat bagi orang lain dan memberikan nilai lebih. Pemberdayaan kewirausahaan siswa sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing siswa di masa depan dalam memajukan bangsa dan memperluas lowongan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dan pendampingan kewirausahaan dalam memberdayakan kewirausahaan seluruh siswa SMPN 49 Surabaya kelas 9 guna meningkatkan jiwa usahawan muda yang inovatif, kreatif, memiliki daya saing baik, semangat berusaha, dan pengelolaan aspek-aspek yang berhubungan dengan suatu bisnis seperti sumber daya yang mereka miliki. Metode yang saya lakukan meliputi pendekatan pembelajaran untuk menyampaikan materi-materi dasar kewirausahaan, metode diskusi yang digunakan untuk melatih siswa dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah, dan metode pendampingan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa dalam menerapkan materi-materi kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan beberapa tahapan tersebut para siswa kelas 9 dapat mengelola dirinya dan teman-teman sekelasnya untuk bertugas dalam berbisnis baik itu persiapan, penjualan, dan pemasaran sesuai dengan minat dan bakat tiap siswa agar hal tersebut dapat terus berkembang dengan implementasi teori secara langsung. Saya berharap kegiatan pengabdian ini dapat terus bermanfaat bagi siswa-siswi SMPN 49 Surabaya dalam melihat perluang bisnis, mengatur, mengelola, dan menjalankan suatu bisnis hingga sukses kedepannya serta bagi pihak sekolah dapat meneruskan pembelajaran ini sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan siswa SMPN 49 Surabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31