ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAN BAHAN AJAR KURIKULUM PAI
Kata Kunci:
Bahan Ajar, Sumber Belajar, Kurikulum PAI, Pengembangan, GuruAbstrak
Pentingnya pengembangan sumber dan bahan ajar dalam konteks Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Sumber dan bahan ajar merupakan komponen vital dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Guru tidak hanya dituntut untuk menggunakan bahan ajar yang tersedia, tetapi juga mampu mengembangkan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan peserta didik serta dinamika kurikulum. Pembahasan mencakup definisi, tujuan, fungsi, batasan, serta strategi pengembangan bahan ajar, baik dari sumber bacaan seperti buku teks, jurnal, dan internet, maupun dari sumber non-bacaan seperti gambar, film, dan rekaman. Pengembangan bahan ajar yang inovatif dan bervariasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong guru menjadi pengembang profesional yang kreatif. Dengan demikian, makalah ini diharapkan menjadi referensi awal bagi calon pendidik dalam memahami dan mengimplementasikan pengembangan bahan ajar PAI secara optimal.
Importance of developing learning resources and materials within the framework of the Islamic Religious Education (PAI) curriculum. Learning resources and materials are essential components in ensuring effective and efficient teaching and learning processes. Teachers are expected not only to use available materials but also to adapt and innovate based on students' needs and curriculum demands. The discussion includes definitions, objectives, functions, limitations, and strategies for developing learning materials, drawn from both textual sources—such as textbooks, journals, and the internet—and non-textual sources—such as images, films, and audio recordings. Innovative and varied learning material development can enhance educational quality and support teachers in becoming creative and professional developers. Thus, this paper serves as an initial reference for prospective educators to understand and implement the development of PAI learning materials effectively.