MAKNA IKLAN KOSMETIK DI TELEVISI KAJIAN SEMIOTIK C. S. PEIRCE
Kata Kunci:
Tanda, Makna Dan EkspresiAbstrak
Penelitian ini menginterpretasi makna iklan kosmetik di televisi kajian semiotik C. S. Peirce yang bertujuan untuk mengkaji dan menginterpretasi bentuk tanda, makna, dan ekspresi yang terdapat dalam iklan kosmetik di televisi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teori semiotik C. S. Peirce. Yang memfokuskan pada tiga elemen utama yaitu representamen, objek, dan interpretant dengan menganalisis bentuk tanda berupa ikon, indeks, simbol. Makna berupa representamen, objek, dan interpretant. Ekspresi berupa ekspresi wajah model, gerakan tubuh, suara narator. Objek penelitian ini terdari dari enam iklan televisi dari tiga brand kosmetik, yaitu Wardah, Maybelline, dan Garnier, yang mewakili kategori makeup dan skincare. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak dan catat terhadap setiap tayangan iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap iklan memuat bentuk tanda berupa ikon, indeks, dan simbol yang digunakan untuk mempresentasikan makna produk, dan nilai-nilai yang ingin disampaikan brand. Interpretasi makna iklan tidak hanya berkaitan dengan manfaat produk, tetapi juga memperkuat identitas brand, dan nilai-nilai yang ingin dikomunikasikan kepada konsumen melalui ekspresi visual, dan naratif.
This study interprets the meaning of cosmetic advertisiments on television, a semiotic study by C. S. Peirce’s semiotics which aims to examine and interpret the form of signs, meanings, and expressions contained in television cosmetic advertisements. The approach used in this study is a qualitative approach with C. S. Peirce’s semiotic theory. Which focuses on three main elements, namely representamen, objects, and interpretants by analyzing the form of signs, indexes, symbols. Meaning in the form of representamen, objects, and interpretants. Expressions in the form of model facial expressions, body movements, narrators. The objects of this study consisted of six television advertisiments and three cosmetic brands, namlyy Wardah, Maybelline, and Garnie, which represent the makeup and skincare categories. Data collection was carried out through the technique of observing and recording each advertisement. The results of the study showed that each advertisement contained a form of signs in the form of icons, indexes, and symbols used to presents the meaning of the product, and values that the advertisement is not only related to be benefits on the product, but also strengthens the brand identity, and the values that it wants to communicate to consumers through visual expression, and narrative.