PONDOK PESANTREN TERPADU SERAMBI MEKKAH TAHUN 1995 – 2024V

Penulis

  • Heru Djakawarsa Universitas Negeri Padang
  • Abdul Salam Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Pesantren Terpadu, Sejarah Pendidikan Islam, Serambi Mekkah, Pandemi, Karakter Santri

Abstrak

Pondok Pesantren Terpadu Serambi Mekkah berdiri pada tahun 1995 di Kota Padang Panjang sebagai respons terhadap kebutuhan masyarakat akan pendidikan Islam terpadu yang seimbang antara ilmu agama dan pengetahuan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah dan perkembangan pesantren dari awal berdirinya hingga tahun 2024. Metode yang digunakan adalah metode sejarah, dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengandalkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren mengalami tiga fase perkembangan utama: masa perintisan (1995–2005) yang fokus pada pembangunan fisik dan kelembagaan, masa pertumbuhan (2006–2015) dengan peningkatan jumlah santri dan pembenahan sistem manajemen, serta masa adaptasi dan konsolidasi (2016–2024) yang menghadirkan tantangan besar terutama di masa pandemi COVID-19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pondok Pesantren Terpadu Serambi Mekkah telah mampu menjadi lembaga pendidikan Islam yang adaptif dan relevan dalam menjawab kebutuhan zaman, serta berperan aktif dalam pembangunan karakter generasi muda yang berakhlak dan berdaya saing.

Pondok Pesantren Terpadu Serambi Mekkah was established in 1995 in Padang Panjang City as a response to the community's need for integrated Islamic education that balances religious and general sciences. This study aims to describe the history and development of the pesantren from its founding to 2024. The research uses historical methods with a descriptive qualitative approach, relying on interviews, observation, and documentation as data collection techniques. The findings show three major phases of development: the pioneering phase (1995–2005) focused on infrastructure and institutional foundations; the growth phase (2006–2015) marked by a significant increase in student enrollment and system improvements; and the adaptation and consolidation phase (2016–2024), which included major challenges during the COVID-19 pandemic. The study concludes that Pondok Pesantren Terpadu Serambi Mekkah has proven itself to be an adaptive and relevant Islamic educational institution, actively contributing to character building among youth who are morally upright and globally competitive.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-19