ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA HISTORY VIRTUAL EXHIBITION PADA MATERI PERISTIWA SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI SMAN 15 PADANG

Penulis

  • Ullyatunnisa Universitas Negeri Padang
  • Hera Hastuti Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Pembelajaran Sejarah, History Virtual Exhibition, Materi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah media pembelajaran sejarah semenarik itu untuk para peserta didik untuk proses belajar mengajar, oleh karna itu penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah media History Virual Exhibition ini seperaktis itu jika diuji di sekolah lain. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk padang. (2) untuk melihat kelayakan penggunaan media History Virtual Exibition dalam materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi peserta didik SMAN 15 PADANG. Metode  penelitian ini menggunkan metode penelitian deskriktif kualitatif, Penelitian deskriptif sendiri adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan  suatu fenomena atau suatu peristiwa, berdasarkan keterangan sebelumnya dapat disimpulkan jika penelitian deskriptif itu pada dasarnya dilakukan dengan cara mencari informasi yang berkaitan dengan fenomena yang ada lalu menjelaskan dengan jelas tujuan yang akan diraih kemudian merencanakan bagaiman melakukan pendekatannya serta mengumpulkan berbagai macam sumber data sebagai bahan untuk membuat laporan, subjek penelitian ini adalah para peserta didik kelas XI Fase 8 SMAN 15 PADANG dengan objek penelitian ini adalah media History Virtual Exhibition pada materi peristiwa sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang merupakan produk dari penelitian Mufti Kamila. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dengan menggunakan skala likert dengan nilai rata-rata 76% sehingga dapat disimpulkan jika media pembelajaran History Virtual Exhibition ini “layak”.

This study was conducted to see whether the history learning media is that interesting for students for the teaching and learning process, therefore this study was conducted to see whether the History Virtual Exhibition media is that practical if tested in other schools. The objectives of this study are (1) for Padang. (2) to see the feasibility of using the History Virtual Exhibition media in the material of the proclamation of Indonesian independence for students of SMAN 15 PADANG. This research method uses a qualitative descriptive research method, Descriptive research itself is research that tries to describe a phenomenon or an event, based on the previous statement it can be concluded that descriptive research is basically carried out by finding information related to the existing phenomenon then explaining clearly the objectives to be achieved then planning how to approach it and collecting various sources of data as material for making reports, the subjects of this study were students of class XI Phase 8 SMAN 15 PADANG with the object of this study being the History Virtual Exhibition media on the material of the historical events of the proclamation of Indonesian independence which is a product of Mufti Kamila's research. Based on the results of this study using a Likert scale with an average value of 76%, it can be concluded that the History Virtual Exhibition learning media is "feasible"

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30