ANALISIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN ABAD KE 21

Penulis

  • Salmiah Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Pembelajaran Abad 21

Abstrak

Pendidikan di Indonesia saat ini erat kaitannya dengan sosok tokoh filsafat ki hajar dewantara. Implikasi pemikiran atau gagasan beliau telah banyak membawa dampak terhadap perkembangan Pendidikan. Pembelajaran abad 21 berfokus pada peserta didik atau student-centered, dimana ini sejalan dengan gagasan ki hajar dewantara yang mengemukakan bahwa Pendidikan harus memberikan wadah seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan atau potensi yang dimiliki peserta didik sehingga nantinya setiap anak memperoleh kebahagian dan keselamatan setinggi-tingginya dan tenaga pendidik diberikan kebebasan untuk membimbing, mengarahkan, dan memotivasi dengan berbagai metode pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis bermaksud untuk menganalisis pemikiran Pendidikan ki hajar dewantara dalam kaitannya terhadap pembelajaran abad 21. Metode yang digunakan adalah kajian Pustaka dengan Teknik pengumpulan data berupa penelusuran ejournal dan hal-hal yang terkait dengan materi. Hasil analisis menunjukkan pemikiran Pendidikan ki hajar dewantara masih relevan dalam pembelajaran yang diterapkan saat ini.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31