WHEN A HASHTAG BECOMES A MOVEMENT: SENTIMENT AND SOCIETAL DISCOURSE ON #KABURAJADULU IN INDONESIA

Penulis

  • Muhammad Rizky Jaya Rahmaditya UIN Suska Riau
  • Kurnia Pratiwi UIN Suska Riau
  • Muhammad Reyhan UIN Suska Riau
  • SY Alilah Afifah UIN Suska Riau
  • Bagas Nova Alfitra Hrp UIN Suska Riau
  • Muhammad Ridwan UIN Suska Riau
  • Assyari Abdullah UIN Suska Riau

Kata Kunci:

Tagar, Media Sosial, Sentimen, #KaburAjaDulu, Gerakan Sosial Digital, YouTube

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah merevolusi cara individu dan kelompok menyampaikan aspirasi serta membentuk opini publik. Media sosial, khususnya platform seperti YouTube, telah menjadi arena utama bagi masyarakat untuk mengekspresikan pandangan mereka terhadap isuisu sosial dan politik. Fenomena ini menunjukkan bahwa media sosial tidak hanya sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai alat mobilisasi massa dalam konteks gerakan sosial digital. Penelitian ini menganalisis sentimen dan diskursus sosial yang berkembang melalui komentar- komentar di YouTube terkait tagar #KaburAjaDulu. Dengan menggunakan pendekatan analisis sentimen dan studi komunikasi digital, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana tagar tersebut membentuk diskursus sosial dan berfungsi sebagai alat mobilisasi opini publik di Indonesia. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang peran media sosial dalam membentuk gerakan sosial digital di Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29