RESEPSI KELUARGA MILITER TERHADAP REPRESENTASI KEKUASAAN PADA FILM “AUTOBIOGRAPHY”

Penulis

  • Mohammad Choirul Fuad Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Kata Kunci:

Resepsi, Keluarga Militer, Representasi Kekuasaan, Film, Decoding

Abstrak

This study aims to analyze the reception of military families toward representations of power relations in the film Autobiography. The research adopts a qualitative descriptive approach using in-depth interviews with five informants consisting of children and wives of soldiers. The results reveal three decoding positions as theorized by Stuart Hall: dominant-hegemonic, negotiated, and oppositional. Informants in the dominant position recognize the film as accurately depicting the harsh power relations in military families, though they also critically reflect on the trauma experienced. Negotiated readers partially accept the representation while justifying it through military norms. Oppositional readers reject the film's depiction as inconsistent with their own family experiences. Factors such as rank or position, nomadic lifestyle, military cultural inheritance, complex social pressures, and gender-economic relations influence these decoding differences. The findings support Hall's reception theory and Foucault's concept of power practices being symbolically reproduced within the private sphere of military families.

Penelitian ini bertujuan menganalisis resepsi keluarga militer terhadap representasi relasi kekuasaan yang ditampilkan dalam film Autobiography. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam kepada lima informan yang merupakan anak dan istri prajurit. Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga posisi decoding menurut Stuart Hall: dominant-hegemonic, negotiated, dan oppositional. Informan dengan decoding dominan mengakui film merepresentasikan realitas kekuasaan yang keras dalam keluarga militer, meski diakui secara kritis dan penuh trauma. Informan negotiated menerima sebagian representasi kekuasaan dengan justifikasi norma militer. Informan oppositional menolak gambaran film sebagai tidak sesuai dengan pengalamannya. Faktor-faktor seperti pangkat/jabatan, pola hidup nomaden, keterikatan kultur militer, tekanan sosial kompleks, dan relasi gender-ekonomi memengaruhi perbedaan decoding. Temuan ini mendukung teori resepsi Hall dan teori kekuasaan Foucault tentang bagaimana praktik kekuasaan direproduksi secara simbolik dalam ruang privat keluarga militer.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30