PEMAKNAAN PENGGUNA TERHADAP FITUR CLOSE-FRIEND DI INSTAGRAM: STUDI FENOMENOLOGI
Kata Kunci:
Instagram, Close Friends, Komunikasi Interpersonal, Privasi, MahasiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mahasiswa memaknai penggunaan fitur Close Friends di Instagram dalam komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian berjumlah lima mahasiswa yang dipilih secara purposive dengan kriteria sebagai pengguna aktif Instagram dan rutin memanfaatkan fitur Close Friends. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan empat tema utama, yaitu Close Friends sebagai ruang untuk membuka diri secara terbatas, sarana menjaga citra diri, mempererat kedekatan emosional, serta memberikan rasa aman dan nyaman dalam berbagi konten. Mahasiswa memanfaatkan fitur ini untuk mengekspresikan sisi personal yang tidak ditampilkan di ruang publik, sekaligus membangun rasa percaya dengan lingkaran pertemanan dekat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fitur Close Friends bukan hanya dimaknai sebagai fungsi teknis, tetapi juga sebagai strategi komunikasi interpersonal yang membantu mahasiswa menjaga keseimbangan antara kebutuhan privasi, eksistensi, dan relasi sosial di era digital.
This study aims to explore how university students perceive the use of the Close Friends feature on Instagram in interpersonal communication. This research employed a qualitative method with a phenomenological approach. The informants consisted of five students selected purposively based on their active use of Instagram and frequent use of the Close Friends feature. Data were collected through in-depth interviews and analyzed using thematic analysis. The results revealed four main themes: Close Friends as a space for limited self-disclosure, a means of impression management, strengthening emotional closeness, and providing a sense of safety and comfort when sharing content. Students use this feature to express more personal sides not shown in public spaces while building trust within close circles of friends. The study concludes that Close Friends is perceived not merely as a technical feature but as an interpersonal communication strategy that helps students balance the need for privacy, social presence, and relationships in the digital era.