FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAKSO SAPI DI WARUNG BAKSO SOLO BARU KABUPATEN MANGGARAI
Kata Kunci:
Bakso sapi, faktor ekonomi, faktor sosial, keputusan pembelian, kualitas pelayananAbstrak
Suatu Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari produk, harga, lokasi, kualitas pelayanan dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian bakso di Warung Bakso Solo Baru.Wawancara, dokumentasi, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data. Dalam penelitian ini, sumber data primer dan sekunder dikonsultasikan. Dengan menggunakan SPSS versi 16, logistik biner kuantitatif digunakan untuk mengolah data. Berdasarkan temuan penelitian, 83 pelanggan (69,2%) memilih membeli bakso, sedangkan 37 pelanggan (30,8%) memilih tidak membeli bakso.Selanjutnya ditemukan bahwa dari lima variabel yang diteliti semua variabel berpengaruh nyata terhadap pengambilan keputusan konsumen, faktor yang mempengaruhi yaitu produk, harga, lokasi, kualitas pelayanan, dan faktor sosial (P<0,1).Hasil uji goodness of fit menunjukkan p=1,000 dan χ2=0,399 hal ini menunjukkan tidak adanya kesenjangan antara nilai hasil observasi dengan nilai yang diramalkan oleh model.Temuan analisis selanjutnya menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,794. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka mengembangkan usaha di bidang kuliner sebaiknya diperhatikan faktor-faktor seperti produk, harga, lokasi, kualitas pelayanan, dan faktor sosial oleh pemilik usaha.