ANALISIS ISI PEMBERITAAN ACARA DESAK ANIES PADA PILPRES 2024 DI TEMPO.CO DAN CNN INDONESIA.COM
Kata Kunci:
Pilpres, Desak Anies, FramingAbstrak
Pilpres di Indonesia sendiri telah dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024, yang diikuti oleh tiga pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres). Masing-masing pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1, 2, dan 3 mempunyai program kampanye tersendiri yang dikemas sesuai dengan keinginannya untuk menyerap aspirasi pemilih. Pasangan Anies-Muhaimin (Amin) mengusung tagline “Desak Anies” sebagai salah satu cara memperkenalkan kepada Masyarakat. Desak Anies dikemas dengan suasana santai bertujuan menyerap aspirasi pemilih. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perbedaan framing media online Tempo.co dan CNNIndonesia.com terkait acara desak Anies. Metode yang digunakan analisis framing dengan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Framing berita berjudul “Anies Baswedan: Desak Anies Surabaya Pecahkan Rekor Terbesar” yang dibuat oleh Tempo.co, secara keseluruhan positif dan menguntungkan Anies Baswedan. Elemen-elemen framing seperti sintaksis, skrip, tematik, dan retorika bekerja sama untuk membangun citra Anies sebagai pemimpin yang populer dan disukai masyarakat, khususnya generasi muda. Pada media CNNIndonesia.com berita yang berjudul “Massa Desak Anies Surabaya Minta ada 'Tagih Anies' bila Terpilih”, framing berita ini netral dan informatif. Elemen-elemen framing seperti sintaksis, skrip, tematik, dan retorika saling melengkapi untuk menyampaikan aspirasi peserta Desak Anies di Surabaya dan komitmen Anies Baswedan untuk melanjutkan dialog dengan rakyat.