PERILAKU IMITASI MAHASISWA DI JAKARTA AKIBAT KONTEN FASHION SNEAKERS DENNIS PONDAAG
Kata Kunci:
Fashion Sneakers, Perilaku Imitasi, YouTubeAbstrak
Penelitian ini mengkaji data-data untuk melihat bagaimana kaitan antara konten fashion sneakers Dennis Pondaag dengan perilaku imitasi mahasiswa di Jakarta. Sebelumnya, terdapat penelitian-penelitian yang telah membahas bagaimana konten-konten di media sosial menimbulkan perilaku imitasi terhadap para pengguna yang menyaksikan konten tersebut. Pengkaji menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi, dan mengumpulkan data-data melalui wawancara mendalam dengan beberapa mahasiswa Jakarta. Dengan menggunakan teori Jarum Hipodermik, pengkaji menemukan adanya penerapan teori tersebut dalam perilaku imitasi yang dilakukan oleh mahasiswa di Jakarta. Pengkaji melihat bahwa sebagai influencer, Dennis Pondaag berhasil menimbulkan efek jarum suntik terhadap para mahasiswa yang menyaksikan kontennya, dan akhirnya mengikuti gaya fashion sneakers yang digunakan oleh Dennis Pondaag, dan menyebabkan para mahasiswa tersebut berperilaku imitasi.
This research aims to study the correlation between Dennis Pondaag’s sneaker fashion content and imitating behavior of college students in Jakarta. Previously, there have been researches that highlights how social media content inflict imitating behavior towards its users who consume its content. The Researcher used the qualitative approach focusing on phenomenology study by gathering data through an in-depth interview with a small number of college students in Jakarta. By using Hypodermic Needle theory, Researcher found implementation of this theory in this research. As an influencer, Dennis Pondaag has successfully creates a “needle” effect to the college students who subscribe to his social media content. This effect made those college student to imitate Dennis Pondaag’s fashion style and thus create the imitating behavior of the college students.