PENDEKATAN PUBLIC RELATIONS POLITIK DI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN CITRA POLITIK

Penulis

  • Masri Yanti Sahputri Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Husrina Huwaida Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Esa Dwi Andika Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nabila Alfauziah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ainur Fadhilah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurul Fidaris Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Muhammad Rahmatul Burhan Universitas Muhammadiyah Mataram

Kata Kunci:

Humas Politik, Komunikasi Politik, Media Sosial

Abstrak

Penelitian mengenai komunikasi politik dalam membentuk citra politik dengan menggunakan media sosial masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fenomena politisi yang menggunakan media sosial dalam membentuk citra politiknya. Menilik pola interaksi netizen dan politisi dalam konteks ini, kita menemukan Anies Rashid Baswedan terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017 hingga 2022, di akun Instagram @aniesbaswedan berjumlah 4.444 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mendukung pengambilan konten dalam bentuk gambar dan teks yang relevan serta teknik wawancara untuk membuat narasi yang menggambarkan hubungan yang terjalin antara pengguna Internet dan pemerintah atau politisi. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Tiga tema utama yang membentuk citra Anies: reputasi kinerja, agama (Islam), dan politik pribadi. Hal inilah yang membentuk pola hubungan komunikasi Anies Baswedan dengan netizen (pengguna media sosial). Media Sosial Tergolong Instagram atau pola komunikasi sekunder, dapat digolongkan ke dalam lima tipologi pengguna internet yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri, berdasarkan 4.444 unggahan Anies. Di dalamnya juga menggambarkan pendekatan PR politik yang dilakukan Anies dalam membentuk citra diri dengan mengunggahnya ke akun @aniesbaswedan.

Research on political communication in forming political images using social media is still very limited. Therefore, this research was conducted to determine the phenomenon of politicians using social media to shape their political image. Looking at the interaction patterns of netizens and politicians in this context, we find that Anies Rashid Baswedan was elected as Governor of DKI Jakarta for the period 2017 to 2022, on the Instagram account @aniesbaswedan numbering 4,444 people. The method used in this research supports content retrieval in the form of relevant images and text as well as interview techniques to create narratives that describe the relationship that exists between Internet users and the government or politicians. The findings of this research are as follows: Three main themes shape Anies' image: performance reputation, religion (Islam), and personal politics. This is what forms Anies Baswedan's communication relationship pattern with netizens (social media users). Social Media, including Instagram or secondary communication patterns, can be classified into five typologies of internet users, each of which has its own characteristics, based on Anies' 4,444 uploads. It also describes the political PR approach that Anies took in forming his self-image by uploading it to the @aniesbaswedan account.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29