MENDOBRAK KEBOSANAN: BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI
Kata Kunci:
Gamifikasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Bahan Ajar, Motivasi Siswa, Interaktif, Inovasi PendidikanAbstrak
Pembelajaran Bahasa Indonesia sering kali dianggap membosankan oleh siswa, terutama ketika metode yang digunakan bersifat konvensional dan monoton. Pendekatan gamifikasi hadir sebagai solusi inovatif yang mampu mendobrak kebosanan di dalam kelas. Artikel ini membahas bagaimana gamifikasi dapat diterapkan dalam bahan ajar Bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa. Dengan mengintegrasikan elemen permainan, seperti poin, tantangan, dan penghargaan, siswa diajak untuk belajar secara interaktif dan menyenangkan. Hasil dari penerapan pendekatan ini menunjukkan bahwa gamifikasi tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam berbahasa Indonesia. Penelitian ini merekomendasikan gamifikasi sebagai strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital.
Indonesian language learning is often considered boring by students, especially when the methods used are conventional and monotonous. The gamification approach is present as an innovative solution that can break through boredom in the classroom. This article discusses how gamification can be applied in Indonesian language teaching materials to increase student interest and motivation. By integrating game elements, such as points, challenges, and awards, students are invited to learn interactively and enjoyably. The results of implementing this approach show that gamification not only makes learning more interesting, but is also able to improve students' understanding and skills in speaking Indonesian. This study recommends gamification as an effective strategy to improve the quality of Indonesian language learning in the digital era.