PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nurul Qomariyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Raisha Safina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Keisyah Baitul Fatiah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Putri Chairunnisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Bella Firdha Novia Widayanti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Yulia Rahmadhar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Kata Kunci:

Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar, Literatur Review, Keterampilan Ilmiah

Abstrak

Metode eksperimen merupakan pendekatan pedagogi yang melibatkan siswa secara aktif dalam memahami konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui eksperimen dan observasi langsung. Artikel ini bermaksud mengkaji literatur mengenai penggunaan metode eksperimen dalam pendidikan sains di tingkat sekolah dasar (SD), dengan fokus pada kelebihan, kekurangan, dan strategi implementasi. Berdasarkan hasil tinjauan literatur, metode eksperimen telah menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan pemahaman konsep ilmiah siswa, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan kerja tim. Meski demikian, implementasinya sering kali menemui kendala, seperti keterbatasan alat dan bahan, keterbatasan waktu, dan perlunya perencanaan yang matang oleh para pendidik. Artikel ini juga menawarkan solusi praktis untuk mengatasi tantangan ini, seperti menggunakan alat sederhana dan meningkatkan manajemen waktu. Dengan mensintesis temuan dari berbagai penelitian, artikel ini menawarkan rekomendasi untuk membantu guru dalam memaksimalkan keuntungan metode eksperimental dalam pendidikan sains di sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30