PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar, Literatur Review, Keterampilan IlmiahAbstrak
Metode eksperimen merupakan pendekatan pedagogi yang melibatkan siswa secara aktif dalam memahami konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui eksperimen dan observasi langsung. Artikel ini bermaksud mengkaji literatur mengenai penggunaan metode eksperimen dalam pendidikan sains di tingkat sekolah dasar (SD), dengan fokus pada kelebihan, kekurangan, dan strategi implementasi. Berdasarkan hasil tinjauan literatur, metode eksperimen telah menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan pemahaman konsep ilmiah siswa, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan kerja tim. Meski demikian, implementasinya sering kali menemui kendala, seperti keterbatasan alat dan bahan, keterbatasan waktu, dan perlunya perencanaan yang matang oleh para pendidik. Artikel ini juga menawarkan solusi praktis untuk mengatasi tantangan ini, seperti menggunakan alat sederhana dan meningkatkan manajemen waktu. Dengan mensintesis temuan dari berbagai penelitian, artikel ini menawarkan rekomendasi untuk membantu guru dalam memaksimalkan keuntungan metode eksperimental dalam pendidikan sains di sekolah dasar.