ANALISIS KENDALA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BERBASIS POTENSI DAERAH DAN KEARIFAN LOKAL

Penulis

  • Yuniarti Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda
  • Akhmad Muadin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda

Kata Kunci:

Kurikulum Muatan Lokal, Kearifan Lokal, Potensi Daerah, Kendala Pengembangan, Pendidikan Berbasis Budaya

Abstrak

Pengembangan kurikulum muatan lokal berbasis potensi daerah dan kearifan lokal merupakan upaya untuk memperkuat identitas budaya serta memanfaatkan sumber daya lokal dalam pendidikan. Namun, implementasinya masih menghadapi berbagai kendala. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat optimalisasi pengembangan kurikulum muatan lokal. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen terhadap guru, tenaga kependidikan, dan pemangku kebijakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama meliputi: (1) kurangnya sumber daya manusia yang kompeten dalam muatan lokal Balikpapan, (2) keterbatasan sarana dan prasarana, serta (3) tidak adanya panduan kurikulum yang baku. Studi ini merekomendasikan perlunya pelatihan guru, penyediaan bahan ajar lokal, dan sinergi antara sekolah, pemerintah daerah, dan komunitas budaya untuk memperkuat implementasi kurikulum muatan lokal

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29